Tips Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat, Murah dan Mudah

Rambut Rontok
Hei Bro&Sis... Rambut anda sering rontok secara berlebihan? Jangan khawatir, ada banyak cara kok yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok ini. Jika tips ini dilakukan dengan rutin, InsyaAllah akan memberikan hasil sesuai yang anda harapkan. (Baca juga: cara menghilangkan komedo)

Rambut rontok tidak terjadi begitu saja, beberapa penyebab kerontokan rambut antara lain: stres, pola makan yang buruk, konsumsi obat-obatan, polusi, perubahan hormon, dan pemakaian pemanas rambut (hairdryer atau catok) yang dapat melemahkan protein rambut, sehingga mudah lepas dari akarnya.

Jika Anda mulai menemukan sinyal rambut rontok yang melebihi batas normal (60 - 80 helai) setiap hari, kerontokan bisa diatasi dengan beberapa cara alami, murah dan mudah. Berikut tipsnya, yuk disimak:


1. Minyak kelapa
Sebelum keramas, oleskan minyak kelapa pada rambut secara keseluruhan, sambil memijat-mijat kulit kepala, sehingga minyak kelapa meresap. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam sebelum keramas. Setelah itu keramas seperti biasa.

2. Santan kelapa
Lumurkan rambut secara keseluruhan dengan santan, hingga ke kulit kepala. Pijat-pijat sedikit. Diamkan kurang lebih setengah jam. Setelahnya basuh dengan air hangat, kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

3. Buah semangka
Saat mengonsumsi buah semangka, ingat, jangan buang kulitnya. Kulit semangka bermanfaat untuk rambut. Ambil bagian kulit semangka dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan dan tunggu selama 20 hingga 30 menit, agar meresap. Lebih baik lagi, dibiarkan semalaman, baru keramas keesokan harinya. Lakukan ini seminggu sekali.

4. Kacang hijau
Ambil secangkir kacang hijau, kemudian rendamlah selama semalam. Setelah direndam semalam, saring dan ambil airnya. Oleskan air pada kulit kepala sambil memijat-mijat kulit kepala perlahan. Lakukan minimal seminggu 3 kali.

5. Minyak zaitun dan madu
Dalam satu wadah, campurkan 5 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu, aduk jadi satu. Kemudian lumurkan campuran itu ke seluruh rambut. Balut kepala dengan shower cap, diamkan kurang lebih 15 menit. Baru kemudian bilas. Lakukan minimal sekali seminggu.

6. Jahe
Rempah yang sering menjadi bumbu masakan ini punya cara menakjubkan dalam merangsang folikel rambut sehingga rambut akan terus tumbuh dan kerontokan dapat diatasi. Untuk membuat minyak perawatan rambut dari jahe, parut jahe dan campurkan dengan minyak wijen. Pijat minyak jahe ke kulit kepala Anda, diamkan 10 menit lalu bilas sampai bersih.

7. Protein
Mulailah konsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan, atau coba minum protein shake setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan tebal.

8. Vitamin B12
Cara lain untuk menghentikan kerontokan adalah dengan mengonsumsi vitamin B12. Manfaat dari vitamin B12 sangat penting untuk menjaga sel-sel rambut dan kulit kepala agar selalu sehat. Vitamin ini dapat membantu pembentukan sel darah merah, yang dapat membantu menyediakan oksigen dalam tubuh Anda. Telur, daging, susu, dan unggas adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B12.

9. Minyak Lavender
Minyak dengan efek menenangkan ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah kerontokan dan terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya pijat kulit kepala Anda dengan minyak lavender selama 15-20 menit, lakukan rutin dua kali seminggu.

10. Lidah Buaya dan Madu
Cara lain untuk menghentikan rambut rontok adalah dengan menggunakan khasiat vitamin dan mineral dalam lidah buaya yang dapat menyuburkan rambut. Anda bisa membuat sendiri ekstrak lidah buaya, caranya potong lidah buaya sampai keluar gel campurkan dengan sedikit madu dan oleskan pada rambut Anda. Biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan shampo.


Nah demikian Bro&Sis.. tips cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan cepat, murah, mudah dan aman. Lakukan tips di atas secara teratur ya, terutama jika Anda mengalami rambut rontok berlebihan atau parah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. :)

* (detik/tabloidbintang)
Tips Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat, Murah dan Mudah | YogY | Rate: 5