Inilah 20 Ciri Ciri Orang Hamil yang Harus Anda Ketahui

ciri-ciri hamil
Hi bunda.. Spesial untuk anda, berikut kami berikan sedikit info tentang ciri ciri orang hamil atau tanda awal kehamilan. Mungkin saja beberapa ciri-ciri hamil berikut ini sedang anda alami.

Semua pasangan suami istri (pasutri) pasti ingin memiliki keturunan (anak). Tak heran jika sang istri sulit hamil, berbagai macam cara dan trik pun dilakukan agar cepat hamil. Dan berikut adalah ciri wanita hamil muda yang harus diketahui, yuk disimak:


1. Terlambat haid
Menstruasi terjadi ketika sel telur Anda tidak dibuahi. Jadi, ketika sel telur Anda ternyata berhasil dibuahi yang menandakan bahwa Anda sedang hamil, menstruasi tidak akan terjadi. Maka dari itu, hal ini adalah gejala umum jika seseorang hamil muda.

2. Payudara bengkak
Memakai bra terasa seperti siksaan, karena payudara tiba-tiba membesar dan terasa nyeri jika disentuh. Ditambah lagi, warna areola yang lebih gelap dari biasanya

3. Sering lelah
Biasanya, Anda sanggup membaca beberapa bab novel favorit Anda sebelum tidur. Tapi sekarang, Anda tak sanggup membaca satu halaman pun.

4. Mual dan Muntah
Setiap pagi, Anda bangun dengan perut mual dan perasaan ingin muntah. Seringkali, rasa mual berlangsung sepanjang hari.

5. Sering buang air kecil
Tidur malam terganggu, karena selalu terbangun untuk pergi ke toilet.

6. Sakit kepala
Tiba-tiba saja, Anda sering mengeluh sakit kepala. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda sakit kepala, pilih yang mengandung acetaminophen yang lebih aman untuk kehamilan dibanding ibuprofen.

7. Sakit punggung
Biasanya, Anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Anda benar hamil, gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

8. Perut kram
Perut terasa kembung dan kram, gejala yang biasa Anda rasakan menjelang haid. Anda menduga ini hanyalah salah satu dari gejala PMS setiap bulannya.

9. Ngidam atau menolak makanan tertentu
Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.

10. Sembelit dan kembung
Skinny jeans yang tadinya baik-baik saja, kini terasa sempit (terutama di bagian perut!). Sembelit dan kembung yang Anda rasakan belakangan ini juga membuat perut buncit.

11. Perubahan mood
Tanpa alasan yang jelas, Anda suka marah-marah pada suami. Di lain waktu, Anda menangis tanpa sebab. Perasaan Anda minggu ini naik turun seperti rollercoaster.

12. Peningkatan suhu tubuh
Umumnya, suhu tubuh Anda di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun sekitar 35,5 - 36°C. Suhu ini akan meningkat menjadi 37 - 38°C saat masa subur (kurang lebih selama 2 atau 3 hari). Anda patut curiga Anda hamil, ketika suhu tubuh terus meningkat. Padahal, masa subur telah lewat.

13. Sensitif pada bau
Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah!

14. Pusing dan pingsan
Anda tiba-tiba merasa pusing, yang diikuti dengan rasa ringan dan melayang.

15. Flek darah atau pendarahan ringan (bercak merah)
Ada flek. Rasanya sih, bukan haid, karena cuma terjadi sesekali dan sangat sedikit.

16. Kelebihan air liur
Sering meludah atau hipersalivasi, akibat perubahan kadar hormone estrogen

17. Gejala PMS
Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?

18. Varises di kaki
Pembesaran pembuluh darah hingga berwarna ungu kehitaman dan menggembung memang paling sering terjadi di kaki. Penyebabnya adalah akumulasi darah di pembuluh darah yang biasanya karena tekanan dari rahim. Sebaiknya, hindari berdiri dalam waktu yang lama atau duduk dengan menyilangkan kaki.

19. Positif tes kehamilan
Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

20. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda
Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya, Ma!

Itulah beberapa tanda-tanda yang dimiliki oleh wanita yang sedang hamil muda (ref. Parenting). Gimana bunda, apakah anda merasakan ciri-ciri atau gejala kehamilan seperti diatas? Jika Ya, selamat ya.. anda akan segera punya momongan. :)
Inilah 20 Ciri Ciri Orang Hamil yang Harus Anda Ketahui | YogY | Rate: 5