Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Pria & Wanita + Kalkulator Online

Sudahkah anda memiliki berat badan ideal, sehat dan bentuk tubuh yang proporsional? Lantas bagaimana cara menghitung berat badan ideal pada pria dan wanita?

Menurut World Health Organisation (WHO), berat badan normal atau ideal dapat diukur dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) atau dalam istilah asing disebut dengan Body Mass Index (BMI).

BMI merupakan sebuah ukuran "berat terhadap tinggi" badan yang umum digunakan untuk menggolongkan orang dewasa ke dalam kategori Underweight (kekurangan berat badan), Overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan).

Rumus BMI (IMT):

BMI = Berat Badan(kg) / Tinggi badan(m) X Tinggi badan(m)
Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5


Jika perhitungannya sudah didapat, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori dibawah ini:
  • BMI < 18.5 = underweight (berat badan kurang), anda disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex karbohidrat.
  • BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus.
  • BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga anda perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.
  • BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.
  • BMI >= 30 = anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.

Untuk mempermudah menghitung nilai BMI anda, blog Nyetir menyediakan kalkulator BMI online. Cukup dengan memasukkan berat dan tinggi badan, maka secara otomatis Anda dapat mengetahui berapa nilai BMI Anda, dan juga kami menyediakan tabel skema, dimanakah kategori Anda? Yuk langsung cekidot:

KALKULATOR ONLINE Body Mass Index :

Tinggi Badan: cm
Berat Badan: kg
HASIL >>>   
BMI Calculator by id.bestconverter.org

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Itulah bro/sis rumus cara menghitung berat badan ideal pada pria maupun wanita (bukan untuk anak-anak dan ibu hamil) yang umum digunakan hingga saat ini.

Gimana, apakah berat badan anda termasuk ideal atau belum? Bagi yang sudah memiliki berat badan ideal dan sehat, semoga bisa dipertahankan untuk seterusnya. Namun bagi anda yang mempunyai berat badan kurang atau berlebih, terus berusaha ya sampai anda mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional. Semoga bermanfaat.
Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Pria & Wanita + Kalkulator Online | YogY | Rate: 5