INILAH Definisi / Pengertian Hacker dan Cracker yang Sebenarnya

hacker cracker
Halo netters Indonesia... Disini blog Nyetir Online akan mengulas secara lengkap tentang Hacker dan Cracker, mulai dari sejarah, pengertian, perbedaan, jenis hacking dan contohnya, hingga tingkatan-tingkatan hacker dan kracker.

Mungkin selama ini persepsi kita khususnya orang Indonesia menganggap bahwa tidak ada beda antara hacker dan cracker alias HACKER = CRACKER. Namun anggapan kita tersebut salah besar, ternyata pengertian hacker dan cracker itu beda lho. Agar lebih jelas lagi definisi mengenai kedua istilah internet tersebut, berikut ulasan lengkapnya. Yuk disimak:

PENGERTIAN HACKER

Hacker adalah sebutan bagi mereka yang memberikan sumbangan bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet.

Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini memakai teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris bisa diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak.

Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata-rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker.

Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para kracker mengobrak-abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.

PENGERTIAN CRACKER

Cracker adalah sebutan buat mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga menghapus data-data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan.

Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem.

Adapun beberapa akibat yang ditimbulkan oleh Hacker dan Cracker, antara lain:

Hacker : membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software (perangkat lunak), membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka.

Cracker : merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah.


Nah itulah bro/sis,, pengertian atau definisi hacker dan cracker menurut para ahli/ pakar teknologi informasi (ref: kaskus). Gimana, sekarang sudah jelas kan perbedaan antara hecker & crecker? Atau belum jelas juga? Silakan anda baca artikel yang lainnya:
  • Sejarah Hacker dan Cracker
  • Perbedaan Hacker dan Cracker
  • Tingkatan dan Jenis Hacker & Cracker

Semoga artikel diatas bermanfaat. Mari berbuat dalam hal-hal yang positif.  :)
INILAH Definisi / Pengertian Hacker dan Cracker yang Sebenarnya | L. Sugiono | Rate: 5