Inilah 10 Nama-nama Malaikat Allah dan Tugasnya. Wajib Tahu!

nama malaikat
Akhi dan ukhti wajib tahu! Inilah 10 Nama-nama Malaikat Allah dan Tugasnya. Malaikat berasal dari bahasa Arab: ملاءكة; (dibaca: Malaikah) adalah makhluk ciptaan Allah swt yang diciptakan dari cahaya (Nur), ia tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak berjenis kelamin. Mereka adalah alam lain yang berdiri sendiri dan berbeda fisik dan jasadnya.

Allah swt telah menciptakan malaikat dari cahaya. Ini berdasarkan sabda Rasulullah saw:

"Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diciptakan kepada kalian" (HR. Muslim no. 2996, dari 'Aisyah radhiyallaHu 'anHa).


Kepercayaan kepada malaikat merupakan rukun ke-2 dari 6 rukun iman yang harus dipercayai dan diyakini dalam agama Islam. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

Diantara para malaikat yang wajib setiap umat muslim ketahui sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al Qur'an wal hadits dan kitab-kitab, yaitu ada 10 malaikat beserta tugas-tugas mereka adalah sebagai berikut:

1. Malaikat Jibril
adalah malaikat paling utama dan malaikat yang pernah shalat dengan Rasulullah saw. Adapun Tugas dari malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada orang-orang yang dipilih Allah, dalam hal ini Nabil/Rasul. Allah juga menamai Malaikat Jibril dengan "Ar-ruh al-Amin"

2. Malaikat Mika'il
memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan atau dengan kata lain bertugas memberikan dan menyampaikan rejeki / rizki.

3. Malaikat Israfil / Izrofil
memiliki tugas / bertugas meniup terompet sangkakala penanda hari kiamat telah tiba. Dengan tiga kali tiupan, maka berakhirlah segala sesuatu di dunia ini alias kiamat. Tiupan pertama sebagai tiupan keterkejutan, kedua sebagai tiupan kematian, dan tiupan ketiga sebagai tiupan kebangkitan (di alam akhirat).

4. Malaikat Izrail / Isroil
merupakan malaikat Allah yang dikenal juga dengan sebutan malaikat maut. Tugas Izroil adalah sebagai malaikat pencabut nyawa.

5. Malaikat Mungkar / Munkar
memiliki tugas / bertugas menanyakan seseorang di alam kubur mengenai segala amal perbuatannya semasa hidup di dunia.

6. Malaikat Nakir
tugasnya sama dengan malaikat munkar, yakni memeriksa ruh manusia di alam kubur dan menanyakan amal perbuatan yang pernah dilakuakannya selama di dunia.

7. Malaikat Rokib / Rakib / Raqib / Roqib
memiliki tugas / bertugas mencatat setiap amal baik atau kebajikan yang pernah diniatkan dan dilakukan umat manusia selama hidupnya.

8. Malaikat Atit / Atid
bertugas mencatat segala perbuatan buruk, bejat dan dosa seseorang. Tak seperti niat baik, yang langsung ditulis oleh malaikat Raqib, setiap niat jahat dari manusia tidak akan ditulis sebelum niat itu benar-benar terwujud.

9. Malaikat Malik
tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka untuk manusia-manusia yang selama hidupnya memiliki kebaikan lebih sedikit dibanding keburukannya.

10. Malaikat Ridwan / Riduan
memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga untuk manusia-manusia yang selama hidupnya memiliki lebih banyak kebaikan daripada keburukannya.


Nah demikianlah nama-nama malaikat beserta tugasnya masing-masing yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam. Baca juga: 25 Nabi dan Rasul


Berikut salah satu firman Allah SWT dan Hadist Rasulullah SAW:

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebaikan, akan tetapi sesungguhnya kebaikan itu ialah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, malaikat-malaikat, nabi-nabi..." (QS. Al Baqarah : 177)

"Hendaklah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir dan beriman kepada takdir baik dan buruk-Nya" (HR. Muslim no. 8, dari Umar bin Khaththab radhiyallaHu 'anHu)

Semoga bermanfaat bagi kita semua, amiin. Lihat gambaran neraka yuk, ngeri!!
Inilah 10 Nama-nama Malaikat Allah dan Tugasnya. Wajib Tahu! | YogY | Rate: 5